Vista ID membahas tentang Tips dan trik android, gadget, informasi, cara, internet dan hal baru lainnya.

Sabtu, 15 Desember 2018

Kumpulan Kata – Kata Kependekan Kekinian Terbaru Dalam Sosial Media

 Kata atau caption singkatan kekinian dalam beberapa media umum khususnya facebook Kumpulan Kata – Kata Singkatan Kekinian Terbaru Dalam Sosial Media
Kata atau caption singkatan kekinian dalam beberapa media umum khususnya facebook, instagram, media chatting ibarat whatsapp, telegram dan sebagainya. Pada masa kini semua orang sanggup mengatakan sebuah informasi pribadi, mengatakan barang, mendapatkan jasa orang dan lain sebagainya yang semestinya orang lain ketahui untuk mendapatkan informasi tersebut.

Tatkala banyak juga yang belum mengetahui serangkaian kalimat yang ditujukan benar-benar untuk remaja namun malah ditujukan oleh seorang bapak/ ibu yang gaya main sosmednya alay itu, apalagi mereka kudet juga jadi tidak semua kalimat gaul dimengerti olehnya.

Siapa disini yang belum tau kata gaul di dunia maya? Seringkali saya menemukan orang yang memang benar belum sanggup bahasa gaul dan gaptek terhadap pembicaraan orang melalui online shop, komentar fb, dan lain – lain.

Baca : Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Anak Jaman Sekarang yang Semuanya Serba Gadget

Lucu sih iya, tetapi tidak semuanya lucu malahan dengan kondisi tersebut niscaya mereka tidak tau apa yang dimaksudnya maka dari itu mereka asal menjawab dan sobat tau sendiri kalau type orang indonesia itu kayak gimana.

Jelas, semua orang niscaya akan menertawakannya dengan lantunan keras bahkan ada yang sempet membullynya. Saya hanya geleng-geleng kepala waktu melihat insiden tersebut lantaran kondisi warga negara indonesia sudah menjadi sistem bullyan yang diutamakan untuk kesenangan diri kita sendiri.

Tidak usah membully lagi sebelum sobat mengetahui dulu apa yang dimaksudkan dalam bahasa gaul chatting, media komunitas, onlineshop dan lain sebagainya. Bahasa dalam masa kini sering juga disebut dengan caption, kadang ada yang menuliskan captionnya singkat namun tak berarti ada juga yang panjang, apalagi panjang makin ngga berarti aja.

Caption dalam bahasa indonesia ialah klarifikasi suatu gambar yang tertera pada sebuah pstingan mempunyai kegunaan untuk mendeskripsikan sebuah foto. Biasanya sering digunakan oleh photographer lantaran mereka akan mempublikasikan hasil karya seni foto digital mereka ke akun media umum nya dengan kata lain akan memposting diberi dengan caption kekinian.

Bahasa gaul mereka tidak alay ibarat anak jaman now kini yang isinya cuma curhatan hati doang, curahan yang tidak ada keuntungannya ini mending dibicarain eksklusif kepada pasangan semoga hubungan kembali harmonis dan langgeng.

Kalimat Super Gaul Belum Dimengerti Banyak Orang, Remaja Wajib Tahu

Kalimat yang disingkat ini biasanya masuk kedalam kamus gaul remaja. Yaa emang benar remaja ketika ini sudah berakal dalam mengolah singkatan kalimat yang tadinya panjang dipendekin sendiri dan dimasukin kedalam bahasa gaul/ bahasa keseharian mereka.

Tak ayal bahwa sebagian remaja belum mengetahui kalimat ini, hingga – hingga mereka mencari tahu di internet, nanya sobat tapi ngga sanggup respon atau hanya sekedar memantau perbincangan orang lain kemudian mengamati dan memerhatikan apa yang dimaksudkan.

Setelah menganalisis semua remaja remaja kini sudah lebih pandai ketimbang anak muda jaman old. Beda, kini sudah mempunyai 2 jaman yaitu generasi Z dan generasi millenials. Keduanya beda loh, apa sih perbedaanya?

Perbedaanya cukup signifikan yaitu umur, kalau generasi Z itu memilki umur 15 hingga 24 sedangkan generasi millenials berumur 25 hingga 35 tahun. Jangan salah sangka jikalau anda menemukan orang yang diatas 20, belum tentu mereka generasi z dan/ atau generasi millenials.
Sudah abaikan saja dulu kala digital ini, kini lanjut ke topik permasalahan kita saja semoga semua orang yang membaca ini mendapatkan acuan untuk menambah gaya bahasa mereka yang sok gaul itu.

1. JAPRI

Japri kepanjangan dari Jalur Pribadi merupakan sebuah kalimat yang dikirim melalui pesan singkat dan bersifat pribadi semoga nantinya tidak diketahui orang lain. Hal ini sanggup ditemukan pada sebuah lembaga diskusi dan grub jual beli online baik itu di whatsapp maupun fb.

Tidak jarang mereka mengambil jalur pribadi untuk bernegosiasi terutama jual beli barang semisal; hp, laptop, kaos, baju koko, hem, sepatu, gelang, topi, jaket, celana, parfum, lipstik dan lainnya yang berbau sistem delivery.

Baca : Smartwatch Terbaik Masih DIbawah 1 Jutaan Dengan Kualitas Produk Unggul

Yang merasa jengkel disini malah si penjualnya kenapa? Karena jikalau ia menemui pembeli yang kudet dan di inbox hanya bales sok engga jadi beli itu yang mengakibatkan penjual jengkel terhadap pembeli yang hanya chat lama bales kagak (CLBK).

Itulah japri yang mempunyai arti hanya jalur pribadi atau menghubungi seseorang melalui chat di fb, wa ataupun dm ig sebagai mencari sumber informasi barang yang ditawarkan semoga tidak salah pilih barang yang akan dibeli.

2. LATEPOST

Latepost sering kita jumpai di instagram atau facebook ya. Apakah kau mengerti apa maksudnya? Apakah anda paham dengan pikiran orang tersebut? Saya dulu hampir tidak mengerti balasannya internetlah yang membantu saya dalam menemukan arti bergotong-royong dan arti tersebut hanyalah sepele, jadi ngga berangasan lagi kalau dengar.

Artinya ialah postinan lampau. Hal ini sering terjadi kepada orang alay yang  kepingin mengekspose dirinya lagi yang menggunakan foto lama bahkan sudah jadul dan lama serta tidak menarik untuk dipandang.

Namun disisi lain ada suasana notstalgianya alasannya foto jaman dulu itu merupakan foto kenangan masa lampau yang keinget pada masa kini makanya disebut dengan latepost.

Pasti anda pernah buat yang beginian bukan? Jelas semua orang bakal mengungkapkan curahan hatinya waktu melihat foto lampaunya yang tersimpa digalerinya. Tidak hanya senyum – senyum sendiri kadang anda merasa aib ketika melihat waktu kecil dulu bahkan ada yang rupanya gemesin bikin rindu masa kecil.

3. LOL

Lol singkatan dari (Laugh Out Loud) yang mempunyai arti tertawa keras hingga terbahak – bahak lebih lezat diartikan yaitu ngakak. Tertawa emang sanggup diungkapkan dengan kata misal wkwk, haha, dan lain – lain. Semisal Anda sedang berbalan chatting dengan sobat terus ada kata LOL maka temanmu itu lagi ngakak kenceng ketika melihat anda bercandain dia.

LOL itu sering saya jumpau pada komunitas pecinta meme comic indonesia, gaya bahasa mereka sangatlah gaul namun tidak semuanya menggunakan bahasa halus. Banyak yang melontarkan kata kasar, menghubat, menghibah dan tidak lain tidak bukan ialah menyeru dan mengumpat kepada orang lain padahal mereka satu komunitas dengannya.

Baca : Kegunaan Tombol Pintasan Pada Keyboard Di Microsoft Excell Semua Versi

Menjumpai orang yang tidak dikenal terus kita mengajak ngobrol dengan bahasa santai nanti ia akan kemakan omonganmu (Ingat harus yang konkret ya) dan kau ajak ia untuk bersendau gurau dalam kehangatan obrolan, hal ini sanggup kau lakukan hubungan baik kepada orang lain baik itu seorang perempuan maupun pria, sama saja.

Laugh Out Loud merupakan kata yang diambil dari bahsa inggris yang sanggup kita terjemahkan kedalam bahasa indonesia yaitu tertawa terbahak bahak. Intinya sih kau harus sanggup mengatakan masukan, opini, argumen, pendapat, informasi yang menarik untuk di dengar, dilihat dan dirasakan oleh orang lain yang nantinya akan menciptakan mereka tertawa terhadap dialog kamu.

4. REPOST

Dalam bahasa inggris repost mempunyai arti bahasa indonesia ialah RE diambil dari kata Ulang dan Post diambil dari kata posting. Jika digabungkan ialah post ulang sebuah postingan atau foto yang sudah pernah diposting sebelumnya semoga sobat gres Anda menerima sebuah informasi terdahulu dari Anda.

Siapa disini yang pernah melaksanakan hal tersebut demi orang lain tahu seluk beluk dimasa kelam dulu? Sebenarnya ini tidak baik lantaran masa kemudian hanyalah masa kemudian yang tak perlu diulang kembali jikalau insiden tersebut memilukan namun berbanding terbalik jikalau Anda menemukan postingan lama yang isinya insiden menyenangkan ya silakan saja di post ulang semoga semuanya sanggup mencicipi betapa bahagianya kau dimasa silam.

Biasanya yang menciptakan orang memposting ulang ini hanya insiden masa kecil, dan itu sudah saya jabarkan diatas tadi mengenai LATEPOSt. Sebenarnya hampir sama namun REPOST sanggup terjadi ketika anda menemukan informasi menarik, unik dan bermanfaat sanggup tuh dibagikan ulang semoga masuk keberanda orang lain dan mereka akan membacanya juga.

Saya menemukan repost ini di beranda saya mengenai akun fanspage, insiden peristiwa alam, tabrakan, dan sebagainya baik informasi pilu maupun gembira. Namanya media umum ya semua niscaya dibagikan untuk menambah informasi mereka bukan.

5. TYPO

TYPO mempunyai sebuah singkatan yaitu  Typhographical Error kalau diterjemahkan dalam indonesia mempunyai arti “Salah Ketik”. Salah ketik memang menjadi kesan jengkel apalagi kalau buru – buru hal semacam ini akan sering dilakukan dan tidak terhindarkan lantaran udah buru – buru ehh dapet pesan yang harus dibalas.

Jika anda sering mengalami insiden tersebut, apa yang harus dilakukan? Apakah menarik pesannya kembali semoga tidak terbaca? Itu hanya berlaku dibeberapa sosial media belum di jejaring sosial semacam facebook.

Jadi, kalau anda menulis perlahan – lahan malah makin menyita waktu namun kalau ngetiknya terlelu cepat akan mendapati omelan bos lantaran waktu membaca pesan yang anda berikan itu salah ketik apalagi susah untuk dimengerti, siap siap omelan bos akan melayang.

Kesalahan ketika mengetik sering saya jumpai pada postingan artikel yang panjang dan terbelit belit, itu sebabnya ketika mau mempublikasikan sebuah karya tulis anda harus jeli dimana letak kesalahan penulisan yang anda kerjakan. Jika sanggup kerja lembur siap – siap aja untuk lebih memelekkan matanya untuk menemukan kesalahan ketik tersebut.

6. CMIIW

CMIIW ialah singkatan dari Correct Me If I’m Wrong, apa sih maksudnya? Yang dimaksudkan disini ialah ketika anda sedang mengatakan masukan terhadap orang lain tapi didalam hati masih ragu menginformasikannya maka kata CMIIW lah yang membantunya semoga tidak ada hantaman bulian.

Nah sanggup disumpulkan bahwa CMIIW itu sanggup diartikan sebagai koreksi saya jikalau saya salah. Itulah yang mengakibatkan sanggup membantu anda dalam pengoreksian ejaan, informasi, bahan dan sebagainya.

Saya menjumpai yang ibarat ini di lembaga lagi, banyak yang berkomentar pedas dan ada yang mengatakan masukan namun mereka banyak yang salah kaprah, dengan begitu mereka langung mengasihkan solusi dengan menyertakan kata tersebut.

Kalimat singkat tersebut sangat membantu dalam hal apa saja, ketika anda sedang ngasih bahan pembelajaran melalui jejaring sosial, anda tidak mau disalahkan kemudian diberi hashtag CMIIW semoga tidak ada yang menganggapnya salah.

7. OOTD

OOTD dalam bahasa inggris ialah Outfit of The Day jikalau disimpulkan dalam artian indoesia ialah pakaian hari ini. Sebagai pola anda sanggup memastikan bahwa pakaian apa yang harus dikenakan pada hari ini dan itu sanggup terjadi ketika anda mau berpergian bersama sobat untuk bersenang senang dalam kesehariannya nanti.

8. QOTD

QOTD diambil dari bahasa inggris yang sanggup dijabarkan sebagai Quote of The Day dan jikalau di terjemahkan ialah kutipan hari ini. Sebagai pola saja ketika anda menemukan kutipan yang isinya sangat mengesankan bagi anda seorang maka akan diposting bahkan dibentuk snapgram segala semoga quote hari ini kau dilihat banyak orang.

9. ROTFL

ROTFL diambil dari bahasa inggris pula yang diartikan sebagai Rolling On The Floor. Nah ini yang sering digunakan ketika masa BBM dulu yang ada emoticonnya rotfl yang mengartikan bahwa si pembaca pesan tersebut kepingin rasanya tertawa sambing guling – guling dilantai. Hampir sama dengan LOL namun rotfl ini lebih ke tertawa sambil bertingkah konyol.

10. IMHO

IMHO akronim dari In My Humble Opinion atau ketika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia mempunyai arti dari In berdasarkan pendapat saya. Makara saya ambil pola begini, jikalau kau sedang berkomentar atau mengkritik sebuah informasi, anda harus menyertakan kalimat IMHO semoga nantinya tidak akan ada perdebatan lantaran sudah dianggap pendapatmu dan tidak sanggup diganggu gugat.

Mohon maaf jikalau konten yang saya berikan tidak lengkap dan yang lengkapnya akan saya masukkan kedalam bentuk tabel yang nantinya akan saya beri artiannya saja bukan hingga beranak pinak ke penjelasan, Berikut tabelnya;


UNGKAPAN
ARTI
FAQ
Frequently Asked Question yang berarti pertenyaan yang sering muncul
OOT
Out Of Topic biasa diartikan sebagai pembahasan diluar topic pembicaraan yang ada
ASAP
As Soon As Possible sanggup diartikan sebagai secepat yang kau bisa
FYI
For You Information dalam artian Sekedar Memberitahu atau Sekedar Memberi Informasi
CHEKIDOT
Check It Out sanggup diartikan sebagai Silakan Cek
PEA
Pendek akan atau bahasa kasarnya Bodoh
KEPO
Know Everything Personal Object sanggup diartikan sok mau tahu apa urusan pribadi seseoranh
WOLES
Dari kata slow, selow dibalik yang sanggup artian lambat atau lemot
BAPER
Bawa Perasaan
ORETZ
Allright atau Oke atau Baik
KUDET
Kurang Up to date atau kurang update sebuah informasi terkini
BPJS
Budget Pas pasan Jiwa Sosialita
GAZEBO
Ga Jelas Bo
YOLO
You Only Live Once atau disebut dengan kau hanua hidup satu kali
GWS
Get Well Soon biasanya disebut dengan semoga lekas baik, lekas sembuh, lekas pulih sakitnya
CDMA
Capek Deh Males Ahh
HOTD
Hijab Of The Day dalam artian ialah hijab yang digunakan hari ini mau yang apa

Sudah saya buatkan tabel semoga sanggup mebantu permasalahan anda dalam setiap kali menemukan caption yang super alay dengan bahasa gaul remaja dan nantinya kedapan akan lebih tahu apa yang dimaksudkan oleh seorang anak muda tersebut dengan kata yang super kekinian.

Demikian ulasan singkat saya dalam mengenal logat dalam bersosial media menggunakan jaringan internet untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci dan berhati - harilah ketika berada di jejaring sosial lantaran harus berakal saring sebelum sharing.

Tidak hanya pelaku remaja saja melainkan orang cukup umur memerlukan hal tersebut untuk meminimalisir kejahatan yang ada di jejaring sosial tersebut semoga kita mendapatkan manfaat lebih ketika bermedia sosial. Terima kasih sudah mau meluangkan waktu anda dalam jumpa kita mengenai kumpulan kata gaul singkat kekinian ini semoga sanggup mambantu para orang gaptek. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar