Vista ID membahas tentang Tips dan trik android, gadget, informasi, cara, internet dan hal baru lainnya.

Minggu, 16 Desember 2018

Pedoman Lengkap Cara Budidaya Ikan Manfish Atau Angelfish Cocok Bagi Orang Awam

pelihara ikan mahal dirumah nama nya manfish Pedoman Lengkap Cara Budidaya Ikan Manfish atau Angelfish Cocok Bagi Orang Awam
Cara budidaya iklan angelfish untuk pemula - Ikan Manfish ialah jenis ikan hias yang sangat terkenal di daerah Asia, ikan ini sanggup disebut dengan Ikan Angelfish dikarenakan kecantikannya. Di Indonesia sendiri ikan ini disebut dengan ikan layang-layang, hal itu dikarenakan bentuknya yang pipih serta siripnya yang menjulang ke atas dan ke bawah. Budidaya Ikan Manfish cukup terkenal dilakukan di Indonesia, alasannya ialah banyaknya seruan ikan ini.

Ikan ini tergolong di jenis ikan termahal didunia alasannya ialah mempunyai tampilan yang menawan, warnanya yang bagus dan hanya sanggup hidup bila anda bakir merawatnya. Apakah anda masih pemula ketika membudidaya ikan jenis ini? Seharusnya anda mulai menyedari bahwa memelihara banyak akan sangat menguntungkan alasannya ialah tergolong ke pemeliharaan yang rumit namun bila dibandingkan dengan harga jualnya, tidak main main.

Dalam proses budidaya ikan manfish cukuplah gampang untuk dilakukan, namun bila tidak mengetahui caranya tetap saja akan mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan ikan manfish cukup rentan mengalami sakit dan mati, terutama ketika ikan manfish masih kecil. Untuk itu anda perlu pengetahuan budidaya ikan ini secara lengkap, biar nantinya budidaya sanggup berjalan dengan lancar.

Baca : Apa Saja Sih Penyakit yang Ditularkan Anjing?

Memelihara ikan hias ini tidak membutuhkan lahan luas alasannya ialah anda sanggup pelihara mereka di akuarium baik aquarium besar maupun yang kecil, tergantung berapa jumlah ikan yang anda pelihara.

Bagi pemula yang ingin mengembangbiakan ikan hias ini tidak susah kok dikarenakan ia mempunyai telur banyak sewaktu animo kawin. Oleh alasannya ialah itu anda sanggup mengembangbiakan mereka dengan gampang untuk dimanfaatkan sebagai perjuangan sampingan yang sudah cukup dibilang menguntungkan.

Tahapan Budidaya Ikan Manfish

1. Persiapan Tempat
Untuk memulai budidaya ikan manfish hal pertama yang harus anda siapkan ialah tempat, dimana tempat ini sanggup berupa kolam. Anda sanggup menyiapkan kolam dengan ukuran sedang, namun buatlah 3 atau 4 kolam yang berbeda. Hal ini dipakai untuk memisahkan antara kolam pemijahan, anakan, serta ikan manfish yang sudah dewasa.

Kolam berukuran kecil mempunyai panjang dan lebar 100 cm dengan tinggi 50 cm, sedangkan kolam berukuran sedang mempunyai panjang dan lebar 200 cm dengan tinggi 70 cm. Namun bila anda akan melaksanakan budidaya dalam sekala besar, sanggup memakai kolam berukuran 300 cm dengan tinggi mencapai 100 cm.

2. Memilih Indukan
Tahap kedua ialah menentukan indukan yang sehat, kemudian mencampurnya dalam satu kolam. Biarkan beberapa hari kemudian pisahkan betina dari jantan. Cara membedakan ikan manfish jantan dan betina cukuplah mudah. Ikan jantan cenderung mempunyai ukuran yang besar sedangkan ikan betina mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Di samping itu ikan manfish jantan mempunyai sirip dada yang panjang dan bercabang, sedangkan betina mempunyai sirip dada yang halus dan tidak bercabang. Ikan manfish jantan dan betina juga sanggup dibedakan dari ukuran perutnya, dimana jantan mempunyai ukuran perut yang ramping sedangkan betina cenderung agak gemuk.

3. Siapkan Pakan yang Tepat
Tahap berikutnya ialah menyiapkan pakan dari ikan manfish, ikan ini pada umumnya mempunyai makanan yang sama dengan ikan lainnya. Seperti cacing atau pelet ialah jenis makanan yang menjadi favorit, alasannya ialah selain rasanya makanan tersebut juga sangat baik untuk tumbuh kembang dari ikan manfish itu sendiri.

Pemasaran Ikan Manfish
Tahapan yang terakhir ialah proses pemanenan dan pemasaran dari ikan manfish. Ikan manfish yang siap dipanen mempunyai ciri-ciri khusus, diantaranya umur yang sudah menginjak 5-7 bulan. Selain itu ikan manfish juga sudah terlihat cantik, sehingga sudah sanggup untuk dipanen.

Baca : Penjelasan Mengenai Pemeliharaan Ikan Nila

Setelah memanen ikan manfish tentu saja ada tahapan menjual ikan ini, menjual ikan manfish tidaklah sulit alasannya ialah kepopuleran yang dimiliki oleh ikan ini. Anda sanggup menjualnya ke pengepul ikan hias, atau sanggup juga menjualnya sendiri kepada pecinta ikan hias.

Pakan Ikan Manfish

1. Cacing Sutra
Memberikan pakan yang baik ialah salah satu hal yang wajib diketahui, terutama bagi anda yang sedang melaksanakan budidaya ikan hias manfish. Pakan yang sangat cocok untuk ikan hias ialah cacing sutra, cacing ini mempunyai kandungan protein sebanyak 75% sehingga sangat bagus untuk perkembangan ikan hias.

Cacing sutra sangat gampang untuk ditemukan, tempat-tempat penjualan pakan ikan pastinya menyediakan cacing ini. Namun bila ingin mencarinya sendiri anda sanggup mencarinya di kubangan air atau lumpur, hidupnya yang bergerombol akan memudahkan untuk menemukannya.

Sebelum dijadikan pakan alangkah baiknya di basuh terlebih dahulu biar kotoran tidak ikut tergoda ikan manfish.

Cacing darah mempunyai bentuk yang sangat seolah-olah dengan cacing sutra, namun jangan salah alasannya ialah cacing darah termasuk ke dalam golongan larva. Cacing ini mempunyai kandungan protein sebanyak 62%, dimana cukup untuk memenuhi kebutuhan ikan manfish

Cacing ini sangat gampang untuk ditemukan di banyak sekali penjual pakan ikan, dikarenakan cacing darah ialah pakan yang sangat bermanfaat bagi semua ikan termasuk ikan manfish.

3. Pelet
Pelet mempunyai kandungan yang sangat kompleks, pakan buatan ini juga sanggup anda berikan kepada ikan manfish. Tapi perhatikan ukuran pelet yang akan diberikan, alangkah baiknya menawarkan pakan ini ketika ikan manfish sudah beranjak dewasa. Pakan ini juga sangat gampang anda temukan di banyak sekali tempat penyedia pakan binatang.

Tips Budidaya Ikan Manfis

1. Perhatikan Kebersihan
Budidaya Ikan Hias pada umumnya cukup gampang dilakukan, namun ikan manfish juga sangat rentan mengalami sakit. Cara untuk menghindari hal tersebut ialah dengan menjaga kebersihan kolam, bersihkan kolam setiap ahad atau setiap bulan, sanggup juga dibersihkan ketika kolam sudah terlihat kotor.
Dengan membersihkan kolam secara rutin akan menjauhkan ikan manfish dari basil yang ada, sehingga akan tetap terjaga kesehatan ikan tersebut.

2. Perhatikan pakan
Pakan ialah hal yang sepele namun mempunyai tugas penting terhadap keberhasilan budidaya ikan manfish. Memberi pakan kutu air, cacing sutra, cacing darah, ataupun pelet ialah hal yang baik. Namun perhatikan jumlah pakan yang anda berikan, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak alasannya ialah bila terlalu banyak sanggup menciptakan kolam menjadi kotor

3. Pisahkan Ikan yang Sakit
Memisahkan ikan yang sakit atau mati ialah hal yang wajib dilakukan, hal ini berkhasiat untuk melindungi ikan yang masih sehat. Ikan yang sakit bisanya mempunyai ciri-ciri pendiam atau jarang berenang atau terlihat lemas, maka bila anda melihat ikan dengan ciri tersebut segeralah pisahkan dari ikan yang masih sehat.

4. Perhatikan Suhu Air
Ikan manfsih sanggup hidup di perairan bersuhu 27-30 derajat celcius, sehingga anda perlu menyelidiki secara rutin suhu di kolam budidaya. Usahakan jangan kurang ada lebih dari 27-30 derajat celcius, hal tersebut dikarenakan sangat beresiko terhadap ikan manfish itu sendiri.

Keuntungan Budidaya Ikan Manfish

Prospek budidaya ikan hias semakin hari semakin terlihat meyakinkan, tak terkecuali ikan manfish ini. Ikan yang dekat di panggil dengan ikan layang-layang ini sangat digemari di Indonesia, alasannya ialah bentuknya yang unik dan juga cantik.

Masa budidaya yang tergolong cepat juga menjadi salah satu faktornya, dimana ikan manfish sanggup dipanen ketika berusia 3-5 bulan. Sekali panen sanggup menerima 500-1.000 ekor, dimana setiap ekornya sanggup mempunyai harga Rp.10.000 hingga Rp.20.000 tergantung jenis ikan manfish yang di budidaya.

Cukup menggiurkan untuk dijadikan sebagai perjuangan sampingan anda, namun bila ingin serius anda juga sanggup meraup laba yang lebih besar. Bahkan sanggup mencapai 5-10 kali lipat bila anda serius menggeluti budidaya ikan manfish ini.

Budidaya Ikan Manfish mempunyai propek yang cukup besar untuk kedepannya, hal ini dikarenakan banyaknya peminat ikan hias yang semakin bertambah. Jika anda ingin melaksanakan budidaya ikan hias, maka ikan manfish ini merupakan pilihan yang tepat. Karena selain gampang ikan ini mempunyai peluang yang sangat besar kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar